Maret 12, 2009

Konsep Tarif Lokal dan Interlokal

Kali ini kita akan membahas konsep tarif operator, mungkin diantara kita pernah menghubungi dua orang yang ada di kota yang sama, operator yang sama tetapi tarif yang dikenakan berbeda. Ehmmm...ko bisa ya!

Beberapa operator membedakan tarif panggilan berdasarkan lokal dan interlokal, dimana konsep ini banyak orang yang tidak tahu dan terjebak, tiba-tiba pulsanya terpotong lebih dari yang diperkirakan, oke kita mulai pembahasananya

Konsep tarif "operator akan melihat A number (penelepon) berdasarkan lokasinya ketika dia menghubungi dan B number (penerima) akan dilihat berdasarkan asal kartunya"

Tarif lokal " Yang disebut tarif Lokal apabila A number (penelepon) berada di lokasi yang sama dengan asal kartu B number (penerima)"

Tarif interlokal " Yang disebut tarif Interlokal apabila A number (penelepon) berada di lokasi yang berbeda dengan asal kartu B number (penerima)"

Bingung...Ngak ngerti...!

Kita liat dalam ilustrasi

Tarif Lokal
Si Ahmad pengguna kartu Mentari dari kartu asal jakarta dan menghubungi Budi teman Smunya kartu AS asal bandung, saat melakukan panggilan lokasi Ahmad sedang ada di bandung dan Budi ada di surabaya, ayo tarif apa yang dikenakan...?
jawabannya adalah tarif Lokal, kenapa lokal? karena lokasi Ahamad sama dengan asal kartu Budi, jadi operator melihat ahmad berdasarkan lokasinya dan Budi berdasarkan asal kartunya bukan lokasi dari si Budi (bandung ---> bandung)

sekarang kita lihat yang tarif interlokalnya

Tarif Interlokal
Akhirnya ahmad dan budi bertemu di yogya, saat melakukan panggilan lokasi Ahmad sedang ada di yogya dan Budi ada di yogya juga, ayo tarif apa yang dikenakan...?
jawabannya interlokal, kenapa interlokal? karena lokasi ahmad berbeda dengan asal kartu Budi, jadi operator melihat ahmad lokasinya di yogya dan budi asal kartu dari bandung (yogya ---> bandung)

Bagaimana...udah paham?

Jadi seperti itulah pengenaan tarif yang dilakukan operator, tetapi biasanya operator memberlakukannya konsep lokal dan interlokal apabila berbeda operator karena mereka akan mengenakan tarif sama apabila ke sesama operator, jadi kalau ingin murah yah tetap harus gunakan operator yang sama, jadi harus punya berapa kartu ya...?

Jadi jangan sampai kejebak atau langsung hubungi operator dan marah-marah. Tetapi ada juga yang tarifnya berdasarkan lokal dan interlokal plus jarak antar pengguna seperti esia, untuk mengetahui asal kartunya dan tarif anda dapat menayakan kepada operator yang bersangkutan.

Sekian dulu info kali ini, tunggu episode selanjutnya

Simpan artikel : Konsep Tarif Lokal dan Interlokal

Tidak ada komentar: